Friday, March 04, 2011

Menulis?? Buat apa??

Posted by Deslani Khairunnisa' at Friday, March 04, 2011

Bismillah...
  Puji syukur kepada Allah azza wa jalla yang telah melimpahkan nikmat-mampu menulis kepadaku. Gak kebayang rasanya kalo tak mampu lagi menulis, menuangkan apa yang mengganjal dihati, memenuhi otak dan menyesakkan kalbu. Alhamdulillah ya Rabb... 
   Well, sesuai dengan judul tulisan ini, buat apa sich menulis itu??? Apa gunanya? Bukannya hanya buang-buang waktu? Boros listrik? Ngabisin tinta plus kertas? Menambah kerusakan lensa mata karena berjam-jam menatap screen laptop? Bikin tengkuk pegel, jari-jemari kram? Trus bikin laper?? Koq malah curhat gini ya??
    Hmm, ngga’ separah itu kok.. Tapi itu semua kan resiko profesi. Adakah satu aja pekerjaan dijagad raya ini yang gag punya side effect? Gag ada. Bahkan tidur pun ada konsekuensinya; bikin sprei kotor, kasur penyok, dll. J
                Well, akan sangat tidak adil bagiku untuk menguraikan semua alasan ‘BUAT APA MENULIS’. Tentu aja akan membuat jari-jariku kram 7 hari.. [oho.. apakah ini keuntungan menulis?] pada kesempatan kali ini aku akan mencoba menguraikan beberapa manfaat atau keuntungan dari menulis, sebatas yang kusadari dan mampu kutulis.. J
                Menurutku, orang pintar harus bisa nulis. Apa jadinya kalau kepintaran tak bisa dituangkan dalam bentuk tulisan? Coba lihat orang-orang pintar terdahulu, bapak-bapak atau ibu-ibu kita. Apa syariat Islam itu mampu kita pelajari tanpa dirangkum dalam mushaf Al-Qur’an? Apa kita mampu mempelajari hadits kalau tidak dirangkum dalam kitab-kitab? Apa penemuan Albert Einstein yang luar biasa itu akan dapat kita ketahui kalau tidak dalam bentuk tulisan? Apa kita akan bisa menikmati serial Harry Potter tanpa ada novelnya? Apa Dan Brown akan dikenal tanpa pernah menulis? Jawabannya adalah TIDAK.
                Tulisan adalah gerbang peradaban. Simbol perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kita tak akan mampu mempelajari Al-Qur’an dengan sempurna hanya dengan mendengarnya saja. Penghafal Al-Qur’an tak akan menyelesaikan hafalannya tanpa mushaf. Kita bukan Imam Bukhari yang memiliki daya ingat yang tajam yang mampu mengingat ribuan hadits hanya dalam sekali dengar. Kita tak akan pernah mengerti rangkaian rumus-rumus Fisika yang ribetnya minta ampun hanya dengan mendengar dari mulut guru saja. Sedangkan dengan puluhan buku-pun kita masih perlu perjuangan keras mengatasinya? Apa jadinya kalau J.K.Rowling tak pernah menulis kisah Harry Potter? Semua imajinasinya hanya dia ceritakan lewat mulutnya saja. Aku yakin, meskipun dia seorang pendongeng yang baik, tak akan ada yang bertahan duduk manis mendengar ceritanya. Sampai berbusa-pun beliau menjelaskan imajinasinya, tak akan ada yang peduli. Dan yakinlah, kisah petualangan Harry Potter yang luar biasa tak akan pernah sampai ke ‘telinga’ kita. Siapa yang mampu menceritakan 999 halaman novel lewat lisan? J
                Setiap aktivitas pasti ada output atau hasilnya. Nah, kalo menulis.. Apa sih hasilnya? Tentu aja tulisan. Buku, blog dan terserah anda mau meng-uploadnya dimana. Bayangkan dunia tanpa buku. Kuliah tanpa buku, hanya mendengarkan penjelasan dosen yang dia dapat dari mendengarkan dosennya juga. Belajar apapun hanya didapat dengan mendengarkan. Bahkan kamus pun didapat dengan mendengarkan. Barang-barang elektronik tidak ada buku petunjuk penggunaannya, silakan dengarkan intruksi penjual ketika Anda membeli. Haha,, bisa dower mulut yang menyampaikan karenanya.
                Nah, itu adalah manfaat umum menulis yang luar biasa. Dan masih banyak lagi beberapa manfaat menulis yang lainnya, tergantung niat dan tujuan seseorang menulis. Ada yang menulis sekedar menyalurkan bakat nulisnya. Menulis apapun yang terasa dan dirasa perlu untuk ditulis, walau terkadang itu adalah sesuatu yang ngga’ penting, seperti aku ini J. Ada lagi yang menulis sebagai mata pencaharian. Menulis sebagai ladang uang, seperti penulis di media cetak. Penulis di rubrik tertentu media cetak.. ya seperti itulah, aku juga kurang paham. Bukan duniaku soalnya. Yang lebih mulia adalah menulis untuk berbagi ilmu. Sharing hal-hal yang diketahui. Ingin menyebarkan ilmu pengetahuan di jagat raya ini, seperti diriku juga... J. Ada lagi yang menulis karena ngga’ punya teman, butuh teman curhat tapi tak menemukannya didunia yang luas ini. Akhirnya memilih menulis sebagai ‘teman’. Ya, banyak yang seperti ini, dan (lagi-lagi) namaku masuk list ini juga.
                 Awalnya menulis adalah hobby bagiku. Tapi belakangan menulis jadi semakin penting, lebih dari sekedar hobby, yaitu sahabat. Ya, aku bersahabat dengan menulis. Can’t imagine live without writing, it means live without mind, right? Tentu aja, jika semua yang ‘terasa’ tak bisa diungkapkan. Apa mungkin kita bisa mengungkapkan semua hal yang terlintas dipikiran kepada manusia? Tidak! Tidak semua hal bisa kita bagi. Beberapa hal dalam hidup tidak boleh dibagi dengan orang lain. Rahasia-rahasia yang sangat pribadi yang hanya kita dan Yang Maha Tahu aja yang tahu. Dan ketika hal itu terjadi, adakalanya kita ingin berbagi, sekedar mengeluarkan gelembung rasa yang menyesakkan dada. Dan menulis adalah salah satu caranya.
                Well, setiap orang punya cara yang berbeda. Dan menulis adalah caraku dan [kuyakin] cara jutaan manusia lain yang punya ‘kepala’ dimuka bumi ini J.
                Masih banyak banget manfaat menulis yang lainnya. Tergantung maksud dan tujuan penulis dalam menulis.
                Jadi, buat orang-orang yang masih menganggap ‘menulis tidak ada gunanya’, coba koreksi lagi perkataan Anda. Apakah Anda tidak pernah berhubungan dengan yang namanya ‘buku’ seumur hidup Anda? Apakah Anda tak pernah berhubungan dengan tulisan-tulisan? Rangakain huruf demi huruf? Kalau Anda menjawab TIDAK PERNAH, aku bisa jamin Anda tengah berbohong. Buktinya? Ini apa yang sedang Anda baca? J Dan pertanyaan yang sangat penting, darimana Anda belajar selama ini? Tidakkah Anda memiliki yang namanya ‘buku’ barang sebiji-pun? Jangan munafik, Anda tak akan ada apa-apanya tanpa tulisan. Jadi, pantaskah pertanyaan BUAT APA MENULIS ini dilontarkan??

                                                                                Kamar kehidupan, Feb 27th 2011 @ 06:58am


0 comments:

 

Journal of an unbeatable stubborn dreamer... Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea